Allah Menghilangkan Kesulitan Orang yang Dermawan Oleh Sayyid Muhammad Yusuf Aidid (Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ)


            Dermawan, merupakan seseorang yang selalu membantu kondisi atau keadaan seseorang, walau ia sendiri dalam keadaan yang tidak lapang. Bantuan tidak selalu identik dengan materil saja akan tetapi dalam bentuk immaterial atau jasa. Rasulullah, merupakan seseorang yang suka berderma dengan orang yang membutuhkan. Maka banyak hadis yang keluar dari lisan Sang Mujtaba tentang sifat derma tersebut. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan kesulitan dari kesulitan-kesulitan seorang mukmin maka Allah akan melapangkan kesulitan dari kesulitan-kesulitan pada hari kiamat.”

            Hadis tersebut memberikan satu isyarat bahwa Allah akan mempermudah kesulitan seseorang apabila seseorang membantu kesulitan saudara muslim lainnya. Tentu, afdoliahnya membantu kalangan interen keluarganya sendiri. Sebab keluarga yang mempunyai ikatan sedarah dan mengetahui secara pasti tentang kondisi satu sama lain.

            Di sisi lain, bantuan yang kita berikan atau tunaikan kepada orang yang sedang mengalami kesulitan terkadang akan diganjar oleh Allah di hari kiamat nanti. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian orang yang telanjang, dan memberikan tempat tinggal pada seorang musafir, maka Allah akan menjauhkan rasa takut pada dirinya di hari kiamat.”

            Apabila kita melihat hadis di atas sangat mudah untuk melafalkan dan menghafalkannya akan tetapi sulit untuk mengaplikasikannya. Sebab keyakinan manusia masih dalam taraf penglihatan mata saja. Padahal ketika manusia yakin dengan bantuan yang ia berikan kepada orang lain maka ada sesuatu indah yang akan diberikan Allah Swt. Sebagaimana Hadis nabi Muhammad, “Barangsiapa yang ia ingin diijabah doanya dan dihilangkan kesulitannya mka hendaknya ia meringankan kesulitan orang lain.”

            Hakikatnya seorang yang dermawan tersebut meminjam asma Allah, Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Ar-Razzaq. Sebab ketiga nama tersebut adalah simbolisasi Allah untuk terus meringankan dan membantu makhluknya. Sebagaimana, Nabi bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki kedua tangannya untuk membantu muslim lainnya maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat.”

 




Posting Komentar

0 Komentar