Pentingnya Pendidikan Moral di Era Revolusi Industri 4.0 oleh Shania Tasya Puspita (Mahasiswi PNJ Jurusan Manajemen Keuangan)

Pada era industri 4.0 semua informasi tersebar luas dan dapat diakses dimanapun dengan sangat mudah, dengan adanya hal ini maka nilai-nilai atau pengaruh dari luar baik yang positif maupun negatif dapat masuk dengan mudah sehingga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap norma moral pada setiap generasi.

    


Tidak bisa dipungkiri bahwasannya dengan luasnya penyebaran informasi, pengaruh nilai-nilai negatif dari luar tidak dapat disaring dengan mudah. Sehingga hal ini dapat menjadi ancaman di seluruh kalangan masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan.

     Ditambah lagi dengan fenomena krisisnya perkembangan norma moral yang tertanam dalam jati diri generasi muda, yang semakin kesini semakin memburuk. Hal ini ditunjukkan dengan beredarnya kasus-kasus penyimpangan remaja pada berbagai media massa. Misalnya bullying di sekolah, tawuran antar sekolah, berani terhadap guru dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh minimnya tingkat moral yang tertanam dalam jati diri seseorang.

     Melihat permasalah diatas maka pendidikan moral sangatlah penting diterapkan pada penerus generasi muda. Mengingat sekarang kita telah berada pada era 4.0 yang mana semua serba digital. Dimana segala informasi dari yang baik sampai yang buruk dapat mudah diakses oleh siapapun. Ditambah lagi permasalahan kehidupan yang sering dihadapi remaja sekarang merupakan masalah kompleks yang memerlukan suatu perhatian khusus.

     Segala bentuk media massa khususnya media elektronik yang pada era ini sangat luas dan mudahnya masuk informasi dan hal-hal yang buruk, dimana hal tersebut merupakan faktor penyebab kerusakan moral anak generasi muda saat ini. 

Akibatnya persoalan tersebut membutuhkan perhatian khusus yang harus segera ditangani. Misalnya dengan membubuhi disetiap kegiatan pembelajaran dalam kelas dengan pendidikan moral kepada peserta didik, mulai dari suatu hal yang cukup dasar, contohnya mengajarkan anak untuk berbuat baik kepada orang lain, menghargai pendapat orang lain, saling menghormati sesama, dan lain sebagainya.

     Di sini perlu adanya konsep pembelajaran yang baik dari sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah untuk meminimalisir tindakan-tindakan generasi muda yang tidak diinginkan. Karena pertumbuhan dan perkembangan moral yang baik generasi muda memiliki kaitan yang erat dengan pertumbuhan dan perkembangan bangsa. Apabila suatu bangsa memiliki penerus generasi yang bermoral maka akan menjadi bibit-bibit pemimpin bangsa yang terdepan.

     Peran pendidikan moral di era 4.0 disini diharapkan mampu menyiapkan seorang peserta didik dalam menghadapi beberapa hal, diantaranya menyiapkan peserta didik yang bermoral untuk bisa bekerja yang pekerjaannya saat ini belum ada; menyiapka peserta didik yang bermoral dalam menyelesaikan masalah yang masalahnya saat ini belum muncul; menyiapkan peserta didik yang bermoral dalam menggunakan teknologi. (Hidajah, Siti Hidjatul. "Problema Pengembangan Moral Remaja dalam Perspektif Pendidikan Islam." Dinamika Ilmu 12.1 (2012).)


Gambar diambil dari: dictio.edu 

 





Posting Komentar

0 Komentar