Pentingnya Educational Right dalam Mencetak Sumber Daya Manusia yang Bermutu oleh Askia Arum Sari (Mahasiswi PNJ Jurusan Manajemen Keuangan)

Education Rights merupakan hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Dalam hal ini pendidikan baik formal maupun non formal digunakan untuk membentuk karakter sumber daya manusia di Indonesia. Pendidikan tersebut akan menjadi sempurna apabila dilengkapi dengan pendidikan karakter yang akan menciptakan manusia yang berkualitas, bermoral, beretika, berbudi pekerti baik, dan memiliki harkat dan martabat. Hal itu disebabkan karena pendidikan karakter mempengaruhi kepala (pengetahuan, pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta kecerdasan), hati (motivasi dan emosi), dan tangan (perilaku dan keterampilan). 

Di sisi lain pendidikan karakter dapat meningkatkan kinerja akademik, mengurangi perilaku-perilaku yang beresiko atau menyimpang, dapat meningkatkan perilaku yang diinginkan dan dapat meningkatkan kompetensi sosial emosional dan pro sosial. Secara sederhana apabila seseorang tidak pernah mendapatkan pendidikan baik formal maupun non formal, jelas Ia mempunyai karakter dengan seseorang yang mendapatkan pendidikan baik formal maupun non formal. 

Pendidikan disini diharapkan menciptakan generasi bangsa yang unggul agar negara ini dapat menjadi negara yang berkualitas. Dan juga pendidikan karakter memiliki peran yang strategis bagi pembentukan karakter bangsa, sejatinya pendidikan karakter akan menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas, bermoral dan beretika.

Gambar diambil dari: rsaggalwal.com 





Posting Komentar

0 Komentar